Minggu, 16 Oktober 2011

Laboratorium Mekanika Tanah

Kepala laboratorium : Ir. Widjoyo A.P.

Praktikum:  
1. Mekanika Tanah I
2. Mekanika Tanah II

Praktikum Mekanika Tanah 1 dan 2
Praktikum Mekanika Tanah I dan II merupakan kegiatan penunjang bagi mata kuliah Pengenalan Geoteknik dan Mekanika Tanah I dan II. Dalam kegiatan praktikum ini mahasiswa S1 diperkenalkan pada prosedur-prosedur pengujian laboratorium maupun uji lapangan untuk mendapatkan parameter-parameter tanah baik physical properties maupun engineering properties. Parameter-parameter kekuatan tanah ini selanjutnya akan sangat menentukan dalam perancangan struktur pondasi konstruksi bangunan maupun konstruksi jalan.

Aktivitas Laboratorium
Secara garis besar, lingkup kegiatan Laboratorium Mekanika Tanah ini meliputi 3 (tiga) aspek kegiatan pelayanan, yaitu kegiatan pelayanan untuk menunjang pendidikan, penelitian, dan kegiatan pelayanan untuk melaksanakan pengabdian masyarakat.
a.Pelayanan Pendidikan
Kegiatan ini difokuskan pada usaha peningkatan mutu pendidikan pada Jurusan Teknik Sipi; Fakultas Teknik Universitas Indonesia, melalui pelaksanaan praktikum untuk mata kuliah Mekanika Tanah.
b.Pelayanan Penelitian
Sarana-sarana yang ada di Laboratorium Mekanika Tanah ini juga dimanfaatkan untuk menunjang penelitian-penelitian Tugas Akhir Mahasiswa (S1 dan S2) dan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh staff pengajar Jurusan Teknik Sipil FTUI dalam kaitannya dengan upaya pengembangan ilmu.
c.Pelayanan Pengabdian Masyarakat
Kegiatan pelayanan dalam rangka Pengabdian Pada Masyarakat, yang dilakukan oleh Laboratorium Mekanika Tanah ini adalah dalam bentuk kerjasama penelitian, pengujian, dan pemanfaatan fasilitas yang ada baik dengan pihak instansi/lembaga/badan milik pemerintah paupun swasta.
 sumber : http://www.research.ui.ac.id/v1/index.php?option=com_content&task=view&id=158&Itemid=109http://www.research.ui.ac.id/v1/index.php?option=com_content&task=view&id=158&Itemid=109

Tidak ada komentar:

Posting Komentar